Senin, 08 November 2010

Novel ..


RESENSI BUKU


A.     Identitas Buku

Judul Buku               : My Silly Engagement
Tahun                         : 2006
Penulis                       : Dewi Sartika
Penerbit                     : Puspa Swara, Anggota IKAPI
Jumlah Halaman      : 168
Illustrasi Sampul      : Kasta Waisya
Perancang sampul    : Iyal
Harga Buku               : Rp 25000

            My Silly Engagement adalah sebuah cerita cinta. Cerita cinta yang biasa terjadi pada manusia. Akan tetapi Dewi Sartika, penulis novel ini, membuat novel ini kaya dan penuh warna dengan hal yang bersifat tidak mungkin menjadi mungkin. Sehingga membuat siapa saja yang mambacanya manjadi ikut marasakannya. Novel ini juga memiliki kisah cinta yang unik.

Sinopsis Novel

My Silly Engagement
Oleh Dewi Sartika

            Kata orang bila mimpi di gigit ular, tandanya seseorang akan mendapatkan jodoh. Namanya Puput Amelia, Usianya kini belum genap 17 tahun, saat ini dia siswi SMU Negeri di pinggiran kota. Puput adalah sesosok cewek yang periang, ramah, sederhana, dan baik kepada semua orang. Pada suatu pagi Puput bermimpi di gigit ular, awalnya Puput tidak percaya dengan pada arti mimpi. Tetapi semenjak mimpi itu rasa tidak percayanya mulai meluntur. Pagi itu puput bangun kesiangan, ia bergegas mandi dan bersiap untuk pergi kesekolah. Puput tinggal bersama Paman Asep dan Bibi Nurma, karena ayah dan ibunya sudah meninggal

            Di sekolah Puput mempunyai teman akrab bernama Doni, mereka sudah bersahabat darii SMP. Kalau Puput ada masalah selalu curhat ke Doni begitupun sebaliknya, Sampai – sampai masalah mimpi nya pun Puput cerita ke Doni. Hari itu tetap ber jalan seperti biasa. Puput tetap ceria dan sepertinya mimpi tersebut terlupakan begitu saja, hanya sebuah bunga tidur Puput. Pulang sekolah Puput di bonceng Doni naik sepeda. Sampai dirumah mereka melihat ada sebuah mobil mewah yang terparkir di depan rumah.

Didalm rumah ada dua orang laki-laki paruhbaya. Laki-laki itu adalah seorang pengacara yang bernama Pak Iskandar. Pak Iskandar datang untuk memberi tau tentang perjanjian yang dibuat papanya bersama temannya yang bernama Pak Wijaya enam belas tahun yang lalu. Perjanjian itu berisi tentang perjodohan antara anak pertama Pak Mahmud yang tak lain adalah Puput Amelia dengan anak pertama Pak Wijaya yaitu Andra Wijaya. Apabila ada pihak yang ingi membatalkan perjanjian itu maka pihak tersebut karus membayar denda sebesar duaratus juta. Perjanjian tersebut memiliki kekuatan hukum yangkuat dan tadak bisa dibatalkan begitu saja. Karena Puput, Paman dan bibinya tidak mempunyai uang begitu banyak. Puput pun tidam mau membuat paman dan bibinya menjadi susah, Puput terpaksa menyetinjuinya walaupun dihatinya sangat sakit menikah dengan orang yang belum dia kenal. Karena perjanjian konyol tersebut hidup Puput menjadi berubah.

Keesokan harinya Puput dan paman Asep datang kekantor Pak Iskandar dengan tujuan ingin minta alamat keluarga Pak Wijaya. Pak Iskandar memberi kan alamat tersebut dan menceritakan kalau Andra wijaya calon suaminya menyetujui perjodohan tersebut. Puput pun diminta untuk tinggal dirumah Pak Wijaya, dan Puput menyetujuinya. Pak Iskandan mengantarkan kerumah Keluarga Pak Wijaya, Rumah itu sangat besar dan Puput pun tidak pernah bermimpi akan tinggal di rumah sebesar itu.

Di Rumah itu Tinggal Pak Wijaya dengan istri keduanya Tante Nia, dan ada  beberapa anaknya. Andra Wijaya anak pertama, Erlangga anak tiri Pak Wijaya, Andita Wijaya anak kedua Pak Wijaya dan yang terakhir Ela dan Ale anak kembar Pak Wijaya. Disana Puput sangat tersiksa karena Andra Wijaya tidak lain adalah calon suaminya yang selalu dindin dan membencinya, dan juga Andita calon adik iparnya yang juga membencinya. Tetapi ada yang membuat Puput bisa bertahan disana yaitu Erlangga yang senantiasa baik dengan Puput. Erlangga sering melukis Puput sehingga memberi judil lukisanya itu Dewi Artemis.

Karena kebaikan dan perhatian Erlangga kepada Puput pun jatuh cinta kepadanya. Walaupun ia tau kalau bahwa ia dijodohkan dengan Andra bukan dengan Erlangga. Puput hanya dapat memendam semua rasa cintanya kepada Erlangga, ia tidak punya keberanian untuk menyatakannya. Pada suatu hari Puput mengalami kejadian yang sangat tragis. Sebelah perut kanannya ditusuk karena ingin menolong Andita yang di serang oleh perampok. Karna kejadian tersebut Puput di rawat beberapa minggu dan akibat kejadian itulah Andra yang selama ini membeci dan bersikap dingin dengan Puput menjadiperhatian dan jatuh cinta kepada Puput. Andita yang menggangapnya musuh pun berubah menjadi baik dan perhatian.
Semakin hari rasa cinta Puput terhadap Erlangga semakin kuat. Rasa cinta yang selama ini dipendamnya membuat perih dihatinya. Sewaktu hari Erlangga ingin pergi ke Perancis untuk mengejar cita-citanya yang ingin menjadi pelukis terkenal. Andra yang menyakinkan Puput untuk jujur pada dirinya sendiri, berhasil menyakinkan Puput. Sebelum Erlangga berangkat ke Prancis, Bibandara Puput Menyatakan perasaan cintanya yang selama ini dipendamnya. Tetapi ternyata Erlangga menolaknya karena ia merasa banyak orang yang terluka karena ini. Puput pun kembali kepada Andra calon suaminya. Andra akan menunggu Puput sampai Puput bisa mencintainya dengan tulus, setulus Ia mencintai Erlangga.


B.     Tujuan Resentator
-          Untuk mempermudah pembaca memahami isi novel tersebut
-          Untuk mempermudah pembaca dalam menentukan isi pokok novel

C.      Keunggulan Dan Kelemahan Buku
-          Keungulan Buku
Cerita Novel sangat menarik, sesuai dengan realita remaja sekarang. Sehingga bagi yang membacanya ikut dalam merasakan cerita tersebut.

-          Kelemahan Buku
Bahasa yang digunakan bahasa yang tidak baku, sehingga banyak bahasa  yang kurang  dimengerti,


 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar